fbpx

Menghidupkan Yang Mati Suri

sumber foto: werangutan.photoshelter.com

Kalau krisis sudah terlanjur sampai di fase terjun bebas, perusahaan akan mati suri. Kondisi ini jauh lebih parah ketimbang stadium overload dan stall-out. Perusahaan sudah terpojok akibat serangan masif para pendatang baru, menjadi usang karena gagal merespon perubahan teknologi dan pasar, serta merosot drastis profitabilitas dan nilai pasarnya. Menyelamatkannya memang tidak mudah, tapi masih mungkin dilakukan jika seluruh jajaran perusahaan bersedia menelan pil pahit penyembuh.

Pil tersebut adalah merombak tim manajemen, dengan memasukkan orang-orang baru yang bisa menjadi darah segar bagi perusahaan yang sudah letih dihantam krisis. Eksekutif manja penyuka kemapanan tentu tidak cocok untuk posisi ini. Yang dibutuhkan adalah para petarung yang antusias, namun memiliki kompetensi yang sudah teruji dalam memimpin bahtera meniti badai. Kredibilitas menjadi syarat yang tak bisa ditawar, karena dalam menyelamatkan perusahaan mereka harus mengambil sejumlah keputusan tidak populer yang tak mudah menuai dukungan. Jadi, gairah untuk membangun kembali masa depan dan pikiran yang terbuka sangat dibutuhkan, tapi tidak cukup.

Tim manajemen yang kuat dan kredibel lebih berpeluang mengembalikan kepercayaan diri SDM perusahaan dalam menghadapi tekanan krisis. Namun selanjutnya mereka harus benar-benar fokus melakukan transformasi internal: merevitalisasi nilai-nilai, serta membangun perilaku dan kebiasaan kolektif yang baru. Di samping itu, sejumlah small and quick wins perlu didefinisikan dengan tajam, sehingga orang-orang kembali memiliki arah yang jelas dalam melangkah. Perlahan tapi pasti, optimisme bersama akan menguat, karena mereka mulai dapat kembali melihat masa depan. Untuk mampu melakukan tugas itu, tim manajemen harus bersedia turun ke bawah, melupakan hirarki organisasi, dan berdialog one-on-one, karena sekedar berbicara di pertemuan-pertemuan staf tidaklah banyak berdampak.

-AM-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× How can I help you?