fbpx

4 HAL INI BIKIN KAMU BAKAL JADI PENANGGURAN ABADI

4 HAL INI BIKIN KAMU BAKAL JADI PENANGGURAN ABADI

.

Abis Lulus mau kerja dimana? Itulah pemikiran yang seringkali menghinggapi para mahasiswa tingkat akhir. Tapi pertanyaan “kerja dimana” ? Seolah menjadi hantu yang menakutkan apabila ditanyakan kepada sarjana yang sudah berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun lulus, namun belum juga punya pekerjaan tetap maupun usaha (bila ia berbisnis) yang ajeg.

                Di satu sisi, ada orang-orang yang begitu mudahnya dapat pekerjaan, namun disisi lain, ada orang-orang yang –bahkan dengan IPK yang tinggi—sulit mendapat pekerjaan. Namun setelah diteliti, ada beberapa hal yang menjadi  kesamaan yang dimiiliki para lulusan Sarjana yang masih menganggur dalam jangka waktu yang lama. Apa saja itu?

TERLALU IDEALIS

Biasanya orang yang lama menganggur punya “standar khusus” di kepala mereka terkait pekerjaan yang ingin mereka apply, misalkan sebagai lulusan “universitas unggulan” , saya harus digaji sekian juta, gak boleh kurang, atau tidak mau pekerjaan yang ada lembur di hari Sabtu dan Minggu dan diluar Office Hour .

TERLALU NYAMAN DI ZONA PENGANGGURAN

Inilah sebuah rasa yang seringkali muncul pada orang yang sudah lama jadi pengangguran. Memang, bekerja itu penuh tantangan, tapi darisana selalu ada peluang untuk meraih “kemenangan” dalam kehidupan. Kebanyakan para pengangguran hanya ingin bekerja yang ringan-ringan saja, dan berkantor dekat dari rumah. Padahal jika kamu mau mengeksplorasi lebih jauh peluang yang ada, banyak lho peluang-peluang kerja yang bisa kamu raih .

  • TIDAK PUNYA SKILL/ KEAHLIAN KHUSUS

Banyak dari sarjana yang menganggur dikarenakan mereka tidak punya Skill Khusus yang dibutuhkan “Perusahaan Jaman Now”. Keahlian mereka hanya pada paham teori yang diajarkan pada kuliah. Contohnya sebagai Sarjana lulusan Ilmu Komunikasi, belum tentu pada prakteknya punya kemampuan komunikasi yang dalam hal ini Lobbying and Negotiation yang mumpuni yang diharapkan perusahaan.  Beberapa Skill lainnya yang dibutuhkan dunia kerja saat ini yang juga kamu bisa pelajari  diantaranya adalah Digital Marketing, Data Science, Full Stack, dan Leadership and Good Team Player. Wah skill macam apa itu?  Tunggu pembahasannya di tulisan saya berikutnya ya, pantau terus akun @peopleshift , dan www.peopleshift.id ya J

KURANGNYA BIMBINGAN

Kita tidak bisa menyalahkan para sarjana sepenuhnya atas kondisi mereka yang masih menganggur. Bagaimanapun juga, mereka adalah produk dari sebuah sistem pendidikan di negara ini . Kebanyakan dari para lulusan baru ini tidak sadar harapan dunia kerja terhadap mereka yang seringkali tidak ada pada diri mereka. Ketika lulus, mereka harus memulai dari nol lagi untuk menghadapi dunia yang sebenarnya. Kesenjangan antara pendidikan dan dunia kerja ini harus segera diatasi. Para sarjana baru ini tidak cukup dibimbing melalui berbagai ajang bursa kerja. Eksekutif perusahaan juga harus aktif mengunjungi mahasiswa di berbagai kampus untuk memberikan tips-tips praktis seputar dunia kerja dan profesi yang mereka geluti.

Peopleshift sebagai Perusahaan Human Resource Development Training and Consulting, memiliki perhatian yang besar untuk mengembangkan Kompetensi dan Skills para Millenials agar mereka tak hanya cerdas di akademis, namun juga memiliki Skill Yang Dibutuhkan oleh Dunia Kerja Masa Kini, seperti Digital Marketing, Data Science, Full Stack, dan Leadership and Good Team Player . Pada Februari 2019 nanti , kami akan mengadakan Bootcamp yang mana kamu bisa mempelajari skill tersebut dengan Bimbingan Intensif selama 3 Bulan dengan Investasi yang Sangat Terjangkau . Pantau terus web kami www.peopleshift.id dan akun social media kami @peopleshift untuk dapatkan info selanjutnya ya 🙂

— FS —

Leave a Reply

Your email address will not be published.

× How can I help you?