Suatu perusahaan atau institusi kerap mengadakan team building activities setidaknya sekali dalam satu tahun. Secara umum, kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan komunikasi dan interaksi antarkaryawan dalam suatu institusi. Namun, bukan itu saja manfaatnya, berikut beberapa di antaranya.
Melansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah manfaat kegiatan team building dalam dunia kerja.
1. Meningkatkan keakraban antarkaryawan
Manfaat kegiatan team building yang pertama adalah meningkatkan keakraban antarkaryawan. Hal ini penting mengingat seorang karyawan akan selalu berinteraksi dengan orang-orang baru yang memiliki kepribadian dan latar belakang yang beragam. Keakraban di dunia kerja penting guna menunjang kelancaran operasional dalam dunia kerja.
2. Meningkatkan kualitas skill komunikasi
Team building yang umumnya diadakan oleh divisi HRD tak hanya meningkatkan skill komunikasi antarindividu, tetapi juga antardivisi. Selama mengikuti kegiatan team building, komunikasi akan otomatis terbentuk antarkaryawan dan divisi. Hal ini dapat meningkatkan kualitas workflow dan membuat diskusi makin mudah.
3. Meningkatkan kerja sama tim
Dalam suatu tim kerja, setiap karyawan memiliki tanggung jawab dan peran masing-masing. Nah, team building activities membantu meningkatkan kesadaran setiap anggota tim terhadap peran dan tanggung jawab mereka. Dengan begitu, setiap anggota bisa lebih bertanggung jawab terhadap tugasnya.
4. Meningkatkan produktivitas dan kreativitas
Suasana kerja yang nyaman dan cenderung agak santai dapat meningkatkan produktivitas sekaligus kreativitas karyawan dari berbagai jenis profesi. Kegiatan team building yang unik dan beragam membantu menciptakan lingkungan kerja seperti ini. Dengan begitu, karyawan bisa lebih fokus, produktif, dan bahkan menghasilkan banyak ide-ide baru yang inovatif.
5. Menumbuhkan motivasi
Manfaat team building activities yang selanjutnya adalah meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Pada dasarnya, karyawan yang senang dengan pekerjaan mereka dan merasa dihargai oleh perusahaan adalah karyawan yang selalu termotivasi untuk menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik.
Meningkatnya motivasi kerja adalah salah satu manfaat utama dari kegiatan team building. Sebab, saat perusahaan meluangkan waktu, uang, dan tenaga untuk merencanakan kegiatan team building, karyawan akan merasa bahwa perusahaan mereka peduli dengan kesuksesan, kebahagiaan, dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
6. Mengajarkan toleransi terhadap perbedaan pendapat
Setiap karyawan pastinya memiliki pemikiran yang berbeda-beda. Hal seperti ini akan sangat berdampak pada proses diskusi di lingkungan kerja. Meskipun sangat lumrah, nyatanya masih banyak karyawan yang belum bisa toleran terhadap perbedaan pendapat.
Nah, di sinilah pentingnya team building, yakni untuk mengubah perbedaan pendapat dalam diskusi tim menjadi masukan yang bermanfaat bagi kemajuan organisasi. Melalui team building pula, karyawan yang sebelumnya tidak terbiasa dengan perbedaan, menjadi lebih terbuka dengan keberagaman.
7. Memupuk sikap saling percaya
Dalam suatu divisi, setiap karyawan memiliki tugas dan tanggung jawab mereka masing-masing. Kendati berbeda, tetap saja tujuan mereka sama sehingga tetap butuh yang namanya kerja sama. Kerja sama tim bisa tercipta bila ada sikap saling percaya antaranggota tim.
Dengan melakukan kegiatan team building, maka perlahan-lahan dapat tercipta sikap saling percaya antaranggota tim. Hal ini tak hanya menguntungkan organisasi, tetapi juga masing-masing anggota tim karena kemampuan mereka dipercaya oleh rekan kerja mereka.
Jadi, itulah pentingnya mengadakan team building activities dalam dunia kerja. Kegiatan ini seyogianya rutin dilakukan setiap satu tahun sekali guna meningkatkan kualitas kinerja karyawan. Di sisi lain, kegiatan team building dapat digunakan sebagai rekreasi sehingga karyawan tidak jenuh dengan rutinitas mereka di kantor.
Leave Your Comment