Tak ada bisnis yang tidak memiliki risiko. Hampir setiap hari, setiap bisnis mengalami beragam risiko, seperti risiko karyawan yang tidak jujur, tidak ada penjualan, dan lain sebagainya. Risiko-risiko ini tentunya dapat membuat bisnis merugi. Namun risiko bisnis pada dasarnya dapat diantisipasi menggunakan risk management atau manajemen risiko.
Sekilas Tentang Risk Management
Dalam buku “Risky Business” karya Milton C, risk management atau manajemen risiko adalah serangkaian kebijakan dan prosedur yang diterapkan untuk meminimalkan beragam peristiwa yang dapat menurunkan kualitas kerja perusahaan. Menurut Noshworthy, manajemen risiko dijelaskan sebagai suatu usaha untuk mengurangi risiko dalam proses pengambilan keputusan dan pelaksanaan operasional bisnis.
Jadi, secara garis besar, manajemen risiko merupakan suatu proses pengawasan, pengelolaan, dan pengambilan keputusan guna meminimalkan atau menghindari risiko kerugian serta inefisiensi kinerja bisnis. Risiko dalam hal ini antara lain seperti kehilangan pelanggan, menurunnya penjualan, kehilangan staf, pencurian anggaran bisnis, dan lain sebagainya yang bersifat merugikan bagi bisnis.
Sebab itu, dibutuhkan manajemen risiko yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi potensi risiko. Dengan begitu, perusahaan dapat meminimalkan, menghindari, sekaligus mengatasi efek dari munculnya risiko yang terduga maupun tak terduga.
Peran Risk Management dalam Bisnis
Selain meminimalkan potensi munculnya risiko dalam bisnis, masih banyak peran risk management dalam operasional bisnis. Berikut beberapa peran utama manajemen risiko dalam dunia bisnis.
- Membantu mewujudkan visi misi
Manajemen risiko membantu bisnis dalam mewujudkan visi dan misi dengan cara mengidentifikasi serta mengelola risiko terkait proses pencapaian visi misi tersebut. Dengan metode ini, perusahaan bisa mengambil langkah-langkah konkret dan tepat untuk meminimalkan potensi risiko dan mengoptimalkan upaya untuk mencapai visi misi mereka.
- Meminimalkan potensi kolaps
Salah satu tujuan utama diterapkannya manajemen risiko adalah untuk melindungi bisnis dari potensi kolaps atau kegagalan. Manajemen risiko sendiri berisi serangkaian strategi untuk mengidentifikasi risiko seperti risiko finansial, sumber daya, operasional, dan lain sebagainya yang dapat mengancam keberlangsungan bisnis. Dengan menerapkan manajemen risiko, perusahaan bisa menyiapkan tindakan pencegahan yang tepat sasaran untuk meminimalkan potensi terjadinya kolaps atau kerugian besar.
- Meningkatkan keuntungan
Risk management juga diterapkan untuk meningkatkan penjualan bisnis yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah keuntungan bisnis. Dengan mengidentifikasi dan meminimalkan munculnya risiko bisnis, perusahaan bisa meningkatkan efisiensi sekaligus produktivitas operasional. Dengan begitu, profitabilitas perusahaan pun ikut mengalami peningkatan.
- Menjaga kepercayaan para pemegang kepentingan
Kepercayaan dari para stakeholders atau pemegang kepentingan, seperti para investor, karyawan, hingga pelanggan, merupakan aset berharga bagi perusahaan. Dalam hal ini, manajemen risiko diterapkan untuk menjaga kepercayaan pihak-pihak tersebut dengan menunjukkan komitmen perusahaan terhadap tiga aspek. Adapun aspek yang dimaksud adalah transparansi, integritas, dan juga keberlanjutan.
Dengan mengelola segala bentuk risiko secara responsif dan proaktif, perusahaan turut serta dalam memperkuat hubungan mereka dengan para stakeholders. Hal ini secara langsung dapat mempertahankan dukungan para pemegang kepentingan dalam jangka panjang.
Jadi, risk management merupakan serangkaian proses yang diterapkan oleh perusahaan guna meminimalkan maupun menghilangkan risiko yang dapat mengganggu operasional perusahaan. Manajemen risiko perlu diterapkan oleh semua bisnis dari berbagai sekala karena pada dasarnya tak ada satu pun bisnis yang tidak memiliki risiko. Di sisi lain, manajemen risiko harus menjadi kegiatan rutin dalam perusahaan karena merupakan bagian integral dari strategi bisnis yang pada akhirnya dapat membawa kontribusi besar terhadap kinerja dan keberhasilan bisnis.